Pantai Batu Tajam, Bolaang Mongondow Utara. Paket Asyik Wisata Alam dan Budaya

 Radio RAL FM Manado,  03-01-2017 11:20:13

  

Pantai Batu Tajam, Bolaang Mongondow Utara. Paket Asyik Wisata Alam dan Budaya

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO – Kabupaten Bolaang Mongondow Utara memperlihatkan keseriusannya menjadikan pariwisata sebagai potensi andalan.

Kawasan pesisir merupakan kekayaan yang dianggap mampu menggoda para wisatawan lokal dan mancanegara.

Satu di antara kawasan pesisir yang patut dinikmati adalah pantai Desa Batu Tajam, Kecamatan Pinogaluman. Pantainya masih alami dan indah. Hamparan pasir cokelat menyatu dengan hamparan bebatuan di pinggirannya.

Panjang garis pantai Batu Tajam mencapai 200 meter, dengan pasir yang sangat halus. Tanpa alas kaki pun pengunjung bisa berjalan dengan aman, sebab pantainya bersih dari bahan-bahan membahayakan.

“Sangat aman bagi pengunjung yang ingin berenang. Lautan di sepanjang wilayah pantai ini cukup tenang kendati cuacanya buruk,” ujar Manuel Maliku, Sangadi (Kepala Desa) Batu Tajam, Jumat (18/11).

Keramahan warga setempat sangat mendukung lokasi tersebut menjadi tempat wisata yang aman dan nyaman bagi para pelancong yang ingin bersantai di pantai.

Pementasan budaya
Di tepi pantai telah dibangun gazebo permanen sebagai tempat berteduh atau bersantai bagi para pengunjung. Di sampingnya ada bangunan yang oleh pemerintah desa dijadikan sanggar seni atau untuk pementasan budaya.

Di dalam sanggar seni ada peralatan musik bambu yang disimpan pemerintah. Biasanya digunakan untuk menghibur pengunjung jika ada pementasan budaya daerah.

Sanggar seni dan pantai tersebut sempat dimanfaatkan oleh pemerintah daerah untuk mementaskan tarian khas masyarakat Sangihe, yakni Pato-pato dan Empat Wayer, ketika puluhan turis mancanegara dari Jepang, Amerika, hingga Belanda berkunjung ke Kabupaten Bolaang Mongondow Utara belum lama ini.

“Selain menikmati keindahan alam di pantai, para turis juga dihibur dengan tarian khas masyarakat Sangihe, yakni Pato-pato dan Empat Wayer. Mereka sangat terhibur dan bangga, sebab saat berkunjung tak hanya keindahan alam yang dapat dinikmati, tapi juga budaya sempat yang tetap dilestarikan masyarakat,” ungkapnya.

Membantu usaha warga
Ke depan lokasi wisata tersebut akan dikembangkan pemerintah agar menjadi andalan sekaligus dapat memberikan manfaat positif dalam upaya menyejahterakan rakyat.
“Dengan makin banyaknya wisatawan yang berkunjung, mudah-mudahan masyarakat bisa memanfaakan peluang dengan mengembangkan usaha kecil seperti membuka warung kopi atau menjual gorengan, untuk menambah penghasilan demi meningkatkan perekonomian daerah,” tukasnya.

Pendapat pengunjung
Delsis Bukanaung, warga Desa Mokoditek, Kecamatan Bolangitang Timur, mengungkapkan, lokasi wisata pantai tersebut sangat layak dikembangkan. Sebab, sangat aman dan nyaman untuk dikunjungi oleh masyarakat.
“Saya bersama keluarga baru pertama kali datang ke pantai ini, dan sangat senang sebab lokasinya indah dan aman untuk bersantai sejenak,” katanya.

Akses Mudah dan Gratis Masuk

LETAK pantai Desa Batu Tajam cukup strategis. Hanya berada sekitar 100 meter dari jalan Trans Sulawesi, memudahkan wisatawan untuk berkunjung.
Dari Boroko, ibu kota Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, masyarakat bisa mencapai lokasi wisata sekitar 15 hingga 20 menit dengan menggunakan beragam jenis kendaraan. Tidak sulit, sebab akses jalan sudah sangat memadai.
Untuk masuk ke lokasi wisata, tak dipungut biaya apapun atau digratiskan oleh pemerintah daerah.блендеры ценыбаннерная реклама этодепутат лобановский

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN