Pesona Bawah Laut Selat Lembeh tak Kalah dari Bunaken

 Radio RAL FM Manado,  03-01-2017 11:07:12

  

Pesona Bawah Laut Selat Lembeh tak Kalah dari Bunaken

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG –  Melihat secara langsung keindahan terumbu karang dan jenis ikan langkah di bawah laut selat Lembeh merupakan satu pengalaman yang tak terlupakan.

Seperti surganya bawah laut dapat kita liat di dua dari 72 spot diving yang ada di selat Lembeh Kota Bitung.

Wartawan Tribun Manado Biro Bitung untuk kedua kalinya berkesempatan melihat indahannya bawah laut itu. Bersama-sama dengan komunitas diving Bitung club Diving (BCD), disana para divers wajib mengikuti  breafing mengenai teknik menyelam, cara bernafas menggunakan mulut serta penggunaan alat-alat selam.

selat lembeh

Lokasi selam pertama ada di rumah apung ekowisata bahari Kareko Coastal Community Development Project (CCDP)-Indonesia Focus Advisory (IFAD) di Kelurahan Kareko Kecamatan Lembeh Utara.

“Disini terdapat modul untuk tranplantasi terumbu karang di kedalam 15 dan 7 meter ditanami karang terbuat dari besi dan semen. Menariknya modul dari besi berbentuk seperti setiga atap rumah bisa dilalui,” ujar Hence Pangalila koordinator BCD.

Selanjutnya Tribun Manado bersama wartawan lainnya digiring personil BCD untuk mengeksplore keindahan bawah laut di Nodi Falls dan Nodi Reat-reat di Kelurahan Makawidey dan Tandurusa Kecamatan Lembeh, di sana dapat dijumpai sejumlah karang indah tergambar membentang sepanjang hall.

“Di lokasi tersebut kita dapat menjumpai biota laut seperti Pygmy seahorse atau kuda laut kecil, many critter, beautifull wall dan lain,” jelasnya.

Lanjut pria yang keseharian mengabdi di salah satu kantor pemerintahan dua spot tersebut merupakan favorit dari para divers dan para turis berbagai negara untuk nyemplung melihat keindahan didalamnya.

“Keindahan tersebut dapat dijumpai mulai dari kedalaman 10 hingga 15 meter,” tambahnya.

Menurutnya keberadaan spot diving di Selat Lembeh Kota Bitung tak kalah indahnya dengan spot yang ada di Bunaken dan tempat menyelam lainnya, hanya saja di Selat Lembeh masih belum tereksplore lebih luas.

“Memang diakui turis atau wisatawan baik lokal maupun domestik setiap ke provinsi Sulut yang dikenal hanya Bunaken di Kota Manado,semoga para pemangku kebijakan bisa mengangkat lagi potensi wisata bawah laut di Selat Lembeh,” tukasnya.

selat lembeh

Jika ketika mampu memahami dan menguasai teknik dan dasar-dasar untuk menyelam menggunakan alat selam serta cara bernafas menggunakan mulut bukan dengan hidung, dijamin kita bisa betah berada di bawah laut.

Seperti yang dirasakan Tribun Manado, hampir-hampir tak ingin kembali ke permukaan manakala melihat deretan ikan-ikan penuh aneka ragam warga berenang kesana kemari.

Tak jarang mereka berkumpul dis ebuah karang yang indah, saat hendak disambangi mereka bergegas berpencar. Upaya mengejar mereka karena penasaran sempat dilakukan sehingga hampir-hampir melihat mereka dari jarak yang sangat dekat dengan kacamata menyelam.

Selain itu di kedalam 10 hingga 15 meter kita bisa berdiri bertumpu dengan kedua kaki sambil mengabadikan dengan kamera bawah laut. Keindahan menyelam memang tak dapat diukur dengan waktu dan takkan ada pernah kata puas, sehingga berniat untuk terus melakukannya di tempat atau spot yang berbeda.

Untuk itulah bagi anda pencinta menyelam datanglah ke Selat Lembeh Kota Bitung, hanya dengan menggunakan perahu taksi dengan waktu 30 menit kita sudah bisa mencapai spot menyelam yang sangat indahхарьков лобановскийсео продвижение сайтов ценыпозиции сайта в яндексе

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN