Benarkah Rambut Basah karena Kehujanan Bikin Sakit?

 Radio RAL FM Manado,  11-10-2017 14:20:30

  

Pesan yang orang tua sampaikan tentang kepala yang kehujanan bisa bikin pilek tidak benar. Ini yang benar. Foto: ilustrasi/thinkstock

Secara otomatis, kita mungkin akan berusaha menutup kepala kita ketika hujan tiba-tiba turun. Orang tua dulu selalu bilang, kita bisa sakit kalau kepala kita kehujanan. Tapi, apakah benar kepala yang kebasahan karena hujan bisa membuat kita sakit, seperti pilek atau flu?

Jika kita bertanya pada dokter, pasti jawabannya tidak. Penyakit seperti pilek dan flu hanya disebabkan oleh virus. Hal ini juga ditegaskan oleh dokter penyakit menular dan peneliti di Mayo Clinic.

“Untuk bisa terkena penyakit infeksi seperti itu, Anda perlu terpapar oleh agen infeksius. Jadi saat cuaca hujan, virus influenza perlu beredar agar bisa menginfeksi. Sementara keluar dengan rambut basah saja tidak akan membuat Anda pilek atau flu. Mungkin hanya sekadar membuat Anda tidak nyaman,” kata Dr. Pritish Tosh, dikutip dari Huffingtonpost, Kamis (28/9/2017).

Meski demikian, bukan berarti bahwa kita boleh membiarkan kepala yang kebasahan. Menurutnya, cuaca dingin adalah stressor pada tubuh, yang dalam kasus ekstrem bisa menyebabkan hipotermia dan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Penelitian terbaru bahkan menunjukkan rhinovirus, yang menyebabkan flu biasa, dapat tumbuh dengan baik pada suhu rendah, seperti saat hujan turun. Tapi Anda tidak akan terkena infeksi hanya karena rambut Anda basah, atau karena Anda tidak memakai jaket.

“Langkah yang tepat untuk menghindari sakit adalah rajin menjaga kebersihan tangan dan memperhatikan etika ketika bersin atau batuk, yaitu menutup mulut dan hidung dengan lekuk siku Anda,” kata Tosh.

sumber : detik.com

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN